Dukung Kami

Kami Butuh Kamu Jadi Kawan M

Jadi bagian dari gerakan jurnalisme publik berbasis membership pertama di Indonesia

Tier I

Rp30ribu/bulan

Undangan ke rapat redaksi
Akses ke laporan transparansi kami
Nawala khusus anggota
Membantu kami membuka skema membership ke seluruh kalangan
Merchandise eksklusif*
Satu slot membership yang bisa kamu berikan pada teman*
* Untuk pembayaran langsung satu tahun

Tier II

Rp100ribu/bulan

Undangan ke rapat redaksi
Akses ke laporan transparansi kami
Nawala khusus anggota
Membantu kami membuka skema membership ke seluruh kalangan
Merchandise eksklusif*
Satu slot membership yang bisa kamu berikan pada teman*
* Untuk pembayaran langsung satu tahun

Tier III

Rp250ribu/bulan

Undangan ke rapat redaksi
Akses ke laporan transparansi kami
Nawala khusus anggota
Membantu kami membuka skema membership ke seluruh kalangan
Merchandise eksklusif*
Satu slot membership yang bisa kamu berikan pada teman*
* Untuk pembayaran langsung satu tahun
Kamu mendapatkan:

Tier I

Rp30ribu/bulan

Tier II

Rp100ribu/bulan

Tier III

Rp250ribu/bulan

Undangan ke rapat redaksi
Akses ke laporan transparansi kami
Nawala khusus anggota
Membantu kami membuka skema membership ke seluruh kalangan
Merchandise eksklusif*
Satu slot membership yang bisa kamu berikan pada teman*
* Untuk pembayaran langsung satu tahun

Project Multatuli adalah sebuah gerakan jurnalisme publik yang melayani yang dipinggirkan demi mengawasi kekuasaan agar tidak ugal-ugalan. Program membership adalah cara kami mengundang warga yang peduli untuk ikut berpartisipasi dalam satu elemen penting demokrasi ini.

Lima alasan menjadi Kawan M

  1. Kamu punya peran penting dalam jurnalisme kami

  2. Menjembatani jarak antara publik dan media sekaligus mengembalikan kepercayaan publik kepada media sebagai elemen demokrasi

  3. Memisahkan diri dari pengaruh oligarki agar memperkuat independensi

  4. Menjaga kualitas laporan dengan tidak menjadikan jumlah klik dan algoritma (yang dikendalikan big tech) sebagai ukuran utama

  5. Kami inklusif. Tiada sekat kecuali kesetiaan pada fakta dan publik. Kontribusi finansialmu memungkinkan kami menjaga inklusivitas ini.

Pertanyaan yang Sering Diajukan:

Kawan M adalah mereka yang berpartisipasi dalam program “membership” atau keanggotaan Project Multatuli. Kami mengundang pembaca berpartisipasi lebih mendalam dalam gerakan jurnalisme publik dengan menjadi Kawan M. Membership adalah “kontrak sosial” antara Kawan M dan tim Project M di mana Kawan M memberikan dana, waktu, tenaga, keahlian, atau jaringan, kepada organisasi pers untuk mendukung suatu “cause” atau tujuan yang mereka yakini.

Sebagai sebuah gerakan jurnalisme publik, Project Multatuli bertujuan untuk melayani yang dipinggirkan demi mengawasi kekuasaan agar tidak ugal-ugalan. Kami melihat ada penurunan rasa percaya publik pada mayoritas media di Indonesia, maka para jurnalis harus keluar dari gelembung kami, atau turun dari menara gading kami, dan melibatkan publik atau pembaca dalam proses editorialnya.

Kami meyakini dukungan dan kepercayaan publik yang besar bisa membuat kami terus bekerja secara independen dan bersetia pada kepentingan publik. Selain itu, grup-grup media besar di Indonesia kebanyakan berada di bawah pengaruh oligarki, sehingga gerakan jurnalisme publik krusial untuk demokrasi. Dengan sumber dana dari publik, jurnalisme tidak lagi menjadi mainan elite semata. Independensi redaksi pun lebih bisa dijaga tanpa harus melayani kepentingan elite-elite tertentu.

Project Multatuli juga mengandalkan publik sebagai sumber pendanaan, bukan iklan dari programmatics yang mendominasi lanskap media digital saat ini. Dengan tidak menggantungkan diri pada iklan digital ini, kami dapat menyajikan laporan yang eksploratif dan mendalam, tanpa harus menjadikan algoritma yang didesain oleh perusahaan-perusahaan teknologi raksasa sebagai satu-satunya ukuran sukses.

Keuntungan menjadi Kawan M adalah kesempatan untuk berpartisipasi lebih dekat dalam proses pembuatan laporan yang dihasilkan Project M. Kami ingin mendengar lebih sering suara Kawan M untuk menghasilkan laporan yang lebih bermanfaat, kaya perspektif, serta mewakili dan semakin relevan untuk kepentingan publik.

Sebagai sebuah gerakan jurnalisme publik, kami ingin melibatkan semua elemen masyarakat terlepas dari kemampuan ekonomi. Oleh karena itu, kami menawarkan beberapa pilihan level kontribusi yang bisa disesuaikan dengan kemampuan masing-masing Kawan M. Boleh dibilang, level kontribusi yang lebih tinggi memungkinkan kami untuk menjaga keberlangsungan program membership ini dalam dua artian: secara finansial sebagai sumber pendanaan dan secara etis sebagai semacam subsidi silang untuk Kawan M yang kemampuan finansialnya terbatas.

Dalam skema langganan, insentif untuk mendaftar sebagai pelanggan dan membeli produk atau layanan jurnalisme adalah untuk mendapatkan konten yang eksklusif (berada di balik paywall). Kami di Project M ingin laporan-laporan mendalam kami bisa dibaca siapa saja dengan mudah. Kami juga menitikberatkan pada dampak dari laporan mendalam kami, sehingga kami menyediakan laporan kami untuk diambil, dicuri, media lain atau bahkan blog pribadi, tentu dengan mengikuti panduan sederhana dari kami.

Kami mempersilakan pembaca menyumbang sesekali, atau berdonasi pada kami sewaktu-waktu, melalui nomor rekening Yayasan Jurnalisme Publik Indonesia, Maybank Indonesia 2767000095 (Swift Code: IBBKIDJA). Tetapi skema Kawan M kami rancang hanya untuk mereka yang bersedia membayar iuran Kawan M untuk minimal 3 bulan karena skema Kawan M mensyaratkan interaksi antara Kawan M dengan tim Project M juga keterlibatan Kawan M dalam proses editorial kami.

Sebagai sebuah organisasi baru, kami sangat terbuka terhadap bantuan dalam bentuk keahlian dari semua orang. Jika kamu adalah seorang profesional dalam berbagai bidang, kamu bisa membantu kami dengan menyumbangkan tenaga dan pemikiran. Silakan hubungi [email protected] untuk mengetahui bagaimana kamu dapat berkontribusi.

Kami memahami bahwa semua orang memiliki kesibukan masing-masing. Oleh karena itu, kami tidak ingin membebani Kawan M lebih dari apa yang Kawan M bisa berikan pada kami. Undangan dari kami sifatnya tawaran, bukan kewajiban.

Tentu saja, jika kamu merasa menjadi Kawan M bukan untukmu, masih ada ruang untuk mendukung Project Multatuli dengan menjadi donatur.

Skema Kawan M otomatis berhenti jika kamu tidak memperpanjangnya. Tetapi selain itu, Project M ingin setiap Kawan M menghormati panduan berinteraksi dengan sesama Kawan M dan bertanggung jawab untuk menciptakan ruang bersama yang aman dan nyaman untuk semua orang, terlepas dari latar belakang orang-orang tersebut. Project M berhak mencabut keanggotaan seseorang jika kemudian terungkap bahwa orang tersebut mengganggu ruang bersama.

Dengan menjadi Kawan M, kamu mendapatkan kesempatan untuk berpartisipasi dalam proses redaksional. Masukan dan pendapat Kawan M akan sangat membantu kami dalam proses membuat laporan, mulai dari menentukan isu apa yang dibahas hingga terlibat dalam proses pengerjaan itu sendiri. Terlebih, suara Kawan M akan sangat berarti untuk menjaga keberagaman di redaksi sehingga laporan yang dihasilkan akan lebih bernuansa dan mengurangi risiko bias kelas ekonomi atau sosial.

Meskipun Kawan M bisa terlibat dalam proses redaksional, keputusan akhir mengenai sebuah laporan tetap berada di tangan redaksi. Sebagai Kawan M, kamu tidak dapat mengintervensi proses redaksional pada umumnya.

Saat ini sistem membership belum menjadi sumber pendanaan utama Project Multatuli. Sebagai sebuah media baru yang sedang bereksperimen dengan sistem membership, kami menerima grant (dana) dari beberapa organisasi nirlaba. Kami juga mendapatkan pendanaan dari sejumlah organisasi untuk melakukan reportase di isu-isu tertentu yang sesuai dengan visi kami untuk melayani yang dipinggirkan dan mengawasi kekuasaan.

Kami tetap menjalankan disiplin jurnalisme seperti verifikasi dan berpegang teguh pada tujuan kami untuk melayani yang terpinggirkan. Kami menolak pendanaan atau kerja sama di mana sang pemberi dana ingin mengintervensi proses editorial. Kami hanya membuka kerja sama dengan mereka yang menghormati independensi redaksi. Kami juga berusaha untuk transparan mengenai pendanaan dan proses redaksional, kecuali dalam hal kami harus meminimalisir ancaman dan melindungi mereka yang terancam (minimize harm and duty of care).

M dalam Kawan M bisa apa saja yang menurut kamu cocok untuk inisiatif bersama ini. Kami mempersilakan setiap orang menginterpretasinya, memberinya kepanjangan sendiri, atau tidak berpikir macam-macam dan membiarkan huruf itu sendirian.

Kami hanya akan menggunakan informasi yang kamu berikan untuk kepentingan internal dan komunikasi terkait membership. Pendanaan yang dilakukan melalui website diproses melalui payment gateway Xendit dan Google. Sesuai dengan penjelasan tentang privasi dari kedua platform ini, informasimu tersimpan dan bisa diakses oleh pihak penyedia teknologi dan Project Multatuli sebagai merchant. Data ini tidak akan digunakan untuk keperluan marketing oleh Xendit dan Google.

Kami mencatat informasi dan diskusi selama rapat redaksi untuk disebarkan ke Kawan M dalam bentuk nawala. Notulensi kami menggunakan Chatham House Rule di mana kami tidak menuliskan identitas Kawan M yang memberi ide atau pertanyaan selama rapat redaksi.

Tidak. Saat ini kami tidak bisa mengembalikan iuran keanggotaan yang sudah dibayar. Apabila kamu memutuskan untuk berhenti menjadi anggota, kami tidak bisa mengembalikan iuran kamu. Akan tetapi, kamu akan tetap mendapatkan informasi seperti nawala dan laporan transparansi sesuai dengan hak kamu sebagai Kawan M.

Mulai Oktober 2023, Project Multatuli menggunakan payment gateway Xendit untuk memproses transaksi yang berkaitan dengan program membership. Pada November 2023, kami menambahkan pilihan untuk mendaftar sebagai Kawan M lewat Google.

Keuntungan yang didapatkan Kawan M sama saja, akan tetapi pembayaran lewat Google bisa dilakukan secara otomatis (iuran kamu akan dipotong setiap bulannya) dan akan dikenakan PPN 11% oleh Google. Kawan M yang merasa tidak keberatan dengan nilai pajak dan ingin lebih praktis bisa memilih untuk mendaftar lewat Google.