Creative Commons License

Menguliti Oligarki Batubara Indonesia

Ditulis oleh Foto & Teks oleh Video oleh Ditulis oleh Audio oleh
Viriya Singgih

04/02/2022

Ilustrasi (Project Multatuli/Louis Lugas)

Project Multatuli membuat laporan interaktif untuk membuka lembar demi lembar para oligark batubara di Indonesia. Kami mengajak pembaca memainkan laporan interaktif ini dengan menjawab pertanyaan tentang bisnis dan orang-orang yang saling terkait satu sama lain dalam jejaring oligarki bisnis batubara.

Mereka adalah pengusaha, politisi, politisi berlatar belakang pengusaha, pengusaha berlatar belakang militer, pejabat publik dengan latar belakang militer dan pengusaha. Dengan segala kekuatan kapital dan politik yang mereka punya, para oligark ini melanggengkan bisnisnya.

Selamat bermain!


Periset: Viriya Singgih, Mawa Kresna

Designer grafis: Muhammad Nauval Firdaus

Penata grafis: Louis Lugas

Data di dalam game ini diolah dari website masing-masing perusahaan dan data Kementerian ESDM. Data perusahaan tersebut kemudian dibuat dalam bentuk kartu informasi dan pertanyaan yang digunakan dalam game interaktif ini.

Laporan ini bagian dari serial reportase #EnergiKotor, terwujud berkat dukungan Earth Journalism Network melalui proyek kolaborasi khusus bertajuk “Available but not Needed”, yang mempertemukan enam media lintas-negara menyingkap kepentingan swasta dan publik mendanai pembangkit berbahan bakar fosil di Asia Tenggara.

Terima kasih sudah membaca laporan dari Project Multatuli. Jika kamu senang membaca laporan kami, jadilah Kawan M untuk mendukung kerja jurnalisme publik agar tetap bisa telaten dan independen. Menjadi Kawan M juga memungkinkan kamu untuk mengetahui proses kerja tim Project Multatuli dan bahkan memberikan ide dan masukan tentang laporan kami. Klik di sini untuk Jadi Kawan M!